Selasa, 19 Juli 2011

Reset Passoword Windows dengan Trinity Rescue Kit

Beberapa hari yang lalu saya di mintain tolong oleh seorang Bapak2untuk menginstalkan Antivirus Norton 2010  langsung dari CD Originalnua yang baru saja dibeli dari toko El's dengan harga 100 Ribu Rupiah dengan masa aktif 360 hari. [Rela - Relanya pikirku orang itu mau beli, Karena biasanya saya cuma 'Nyari' yang bajakan, heheheh] :D

Karena Instal Norton beberapa kali gagal [ karena CD macet ] maka saya bilang kebapak tersebut, untuk pulang saja dulu besok pagi netbooknya bisa di ambil dan saya jamin sudah selesai.Si bapak mengiyakan karena kebetulan juga sudah larut malam. 



Masalah muncul ketika saya merestart netbook. Gubraaaakkkkkk .... ternyata saat startup ada halaman muncul halaman Login. Waduh Gawat saya ndak di beritahu passwordnya dan si Empunya sudah pulang mana tidak tahu no hpnya lagi. apalgi rumahnya. padalah sudah janji bsok pagi habis subuh sudah harus selesai. [jam hampir 12 malam].




Akhirnya googling dan nemukan cara Reset passowd windows dengan sebuah tools turunan Linux tepatnya Mandriva yang khusus memperbaiki masalah - masalah pada mesin windows.Trinity Rescue Kit.
Ini sedikit penjalasannya :

Trinity Rescue Kit atau TRK adalah distribusi Linux yang hidup bebas yang bertujuan secara khusus pemulihan dan operasi perbaikan pada mesin Windows, tetapi juga dapat digunakan untuk masalah pemulihan Linux. Sejak versi 3.4 telah mudah untuk menggunakan menu teks digulir yang memungkinkan siapa pun yang menguasai keyboard dan sedikit bahasa Inggris untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan pada komputer, mulai dari password reset disk untuk pembersihan selama pemindaian virus .



Untuk selengkapnya bisa di baca di situs resmi TRK : trinityhome.org

Asumsi :

Saya menggunakan Trinity Resque Kit  versi 3.4 dan komputer korban bersistem Windows 7 ultimate.

Ok. Lagsung saja kita mulai . :)
  1. Download file iso Trinity Rescue Kit 3.4 kit di sini
  2. Kita bisa burn di cd atau kita instal live usb [lebih simpel]
  3. Jika memilih instal via usb bisa pake unibooting .
  4. Setalah triniti resque kit terintal di flasdik. Siap diColokkan ke dalam usb komputer/laptop target.
  5. Dan jangan lupa set bios untuk membaca flasdik di prioritas pertama.
Mulai masuk ke sistem Trinity rescue kit :D
 
     6.Pilih yang paling atas [default]


       7. Biarkan proses berjalan sejenak. . . :)
NB: Terkadang jika kita menggunakan flasdisk proses akan berhenti dan akan menanyakan letak paket *trx.
maka solusinya adalah kita harus menuliskan letak intalasi pakt Trinity Rescue Kit. Di tempat saya flasdisk terdeteksi sebagai 'sdb1'. maka kita tuliskan sdb1. [optional artinya : bisa saja di tempat anda berbeda]

       8. Ketika proses loading selesai akan tampil pilihan menu .



Ada banyak pilihan menu mulai dari reset password windows, Virus Scanning, ethernet Sniffing,MC alias Midnight Comander dan lain. Untuk mereset password Windows, di sini saya lebih memlih Go To Shell (bukan Go To Hell) :D. atau masuk ke terminal. [ khas orang yang belajar linux] :) dengan sedikit perintah di terminal anda juga bisa menjalankan semua menu di atas. Let's Go To Shell . . .

Enter . .


            9. Jika kita hanya ingin mereset password pada windows . maka Perintah yang harus kita jalankan   adalah :

           winpass -u 'username'

      - username = ganti dengan username yang digunakan untuk login


Tekan enter, kemudian Trinity Resque Kit akan mencari letak instalasi Windows. Apabila sudah ditemukan ketik 1 untuk mereset password. . . .  jika ada keterangan sukses maka reset password anda berhasil.

Restart Komputer anda Dan Jreeengg , Ketika anda kembali ke windows maka Password user sudah tidak ada alias ter 'Reset'. SELAMAT  :)

10 komentar:

terimakasih ya lepi saya kembali beraksi gann,,makasih bgt dah

Sama - sama Gan !!! :)
Senang Bisa membantu . .

al hamdulillah artikelnya dapat hasilkan uang gan... thank ya..

Gan kok usernya malah ilang? User yg direset itu adminnya

Tks Infonya...sudh bisa login lagi...

thanks gan infonya.. sangat membantu

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More